Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Jumat, 21 Februari 2014

Sekilas Info



Kali ini saya akan mengulas beberapa fakta-fakta tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Kira-kira apa saja itu ??? yuk, mari kita baca bareng-bareng...
1.       90% penyakit ternyata berasal dari usus besar lho...
Dalam sistem pencernaan, usus besar berperan sebagai penampung “sampah” pencernaan sebelum dikeluarkan melalui anus. Oleh karena berisi “sampah”, usus besar bisa menjadi sarang penyakit. Sisa-sisa makanan yang mengendap dan tersumbat di usus besar berubah menjadi “sampah buangan” yang berbahaya. Sampah tersebut juga dapat merusak sel-sel tubuh sehingga mempercepat proses penuaan. Tuh... makannya, rajin-rajin BAB ya, supaya “sampah”-nya nggak numpuk, sampai-sampai menimbulkan penyakit...



2.       Anoreksia Nervosa dan Bulimia
Anoreksia nervosa adalh penyakit yang umumnya diderita oleh wanita, meskipun pria juga dapat mengalaminya. Mereka yang mengalami penyakit ini memiliki pandangan yang menyimpang tentang gemuk atau akan menjadi gemuk. Pandangan yang menyimpang ini membuat mereka mengurangi porsi makan mereka. Dari hari ke hari mereka makan dengan porsi yang semakin sedikit. Dengan cara ini mereka berharap dapat mengurangi berat badan mereka, padahal sebenarnya hal ini tidak perlu mereka lakukan.
Serupa dengan anoreksia nervosa, penderita bulimia amat takut menjadi gemuk. Perbedaannya, penderita bulimia tidak mengurangi porsi makan mereka, tetapi justru makan dalam jumlah besar, kemudian mengeluarkan kembali makanan itu dengan cara memuntahkannya atau dengan meminum obat pencuci perut. Mereka percaya bahwa dengan cara ini mereka tidak akan gemuk.
Sebenarnya banyak juga kan guys,, orang-orang yang menjadi penderita penyakit tersebut di lingkungan kita...

3.       Keunikan cara bernapas ikan Gelodok
Ikan gelodok (Periophthalmus sp.) adalh salah satu spesies ikan dari marga yang termasuk dalam anak suku Oxudercinae. Ikan-ikan ini senang melompat-lompat ke daratan, terutama di daerah berlumpur atau berair dangkal di sekitar hutan bakau ketika air surut. Ikan ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan meloncat-loncat di daratan lumpur untuk mencari makan. Oleh karena itu, ikan ini sering disebut dengan istilah “mudskipper” atau si peloncat lumpur. Kemampuan bertahan di daratan ini di dukung oleh kemampuannya bernapas melalui kulit tubuhnya serta lapisan selaput lendir di mulut dan kerongkongannya yamg selalu dalam keadaan lembap. Oleh karena itu, ikan gelodok setiap beberapa saat perlu mencelupkan diri ke air untuk membasahi tubuhnya. Ikan ini juga menyimpan sejumlah air di rongga insangnya yang membesar.kondisi tersebut memungkunkan insang untuk selalu terendam dan berfungsi selagi ikan itu berada di daratan berlumpur.

0 komentar:

Posting Komentar